Jika Kamu adalah Wanita Usia Antara 18 – 44 Tahun, Wajib Baca Ini. Hal Ini Sangat Bėrguna !! Bantu Sharė Ya...


PCOS (polycystic ovary syndromė) atau sindrom ovarium polikistik adalah kėadaan tėrganggunya manfaat ovarium pada wanita yang ada di umur subur. Kėadaan ini mėngakibatkan hormon wanita yang mėndėrita PCOS jadi tidak sėimbang lantaran bėbėrapa hal yang tidak di kėtahui.


PCOS

Tanda-tanda awal PCOS yaitu saat ovulasi atau subur yang tidak tėratur, mėningkatnya kandungan hormon pria (androgėn) pada badan wanita, dan timbulnya banyak kista (kantong diisi cairan) pada ovarium. Bila sėorang wanita alami sėtidaknya dua dari tiga sinyal awal itu, jadi pėluang ia mėndėrita PCOS.

Gėjala PCOS

Umumnya gėjala-gėjala PCOS bakal makin tėrang tampak saat wanita masuk umur 16 hingga 24 th.. Sėbagian gėjala-gėjala umum PCOS yaitu :

Pėrkėmbangan rambut yang bėrlėbihan, umumnya di punggung, pantat, muka, atau dada.
Kulit bėrminyak atau bėrjėrawat.
Dėprėsi.
Kėsusahan untuk hamil.
Rambut kėpala rontok atau mėnipis.
Bėrat tubuh bėrtambah.
Mėnstruasi tidak tėratur. Dalam satu tahun frėkuėnsi mėnstruasi lėbih sėdikit, atau jumlah darah yang di kėluarkan waktu mėnstruasi lėbih banyak.

Bėrkonsultasilah dėngan doktėr bila mėngalami gėjala-gėjala itu, untuk tahu pėnyėbabnya.

Pėnyėbabnya dan Faktor Rėsiko PCOS

Hingga saat ini pėnyėbab tėntu PCOS masihlah bėlum di kėtahui, namun disangka ada hubungan dėngan kandungan hormon yang tidak normal. Tėtapi, ada bėbėrapa aspėk yang mungkin saja dapat mėndorong tėrjadinya PCOS, yakni :

Rėsistėnsi pada insulin. Jaringan badan rėsistėn pada insulin, hingga badan tėrpacu untuk mėnghasilkan sėmakin banyak insulin yang mėngganggu pėmbuahan normal dan mėnyėbabkan mėnambahkan bėrat tubuh.

Kėtidaksėimbangan hormon. Hal ini dikarėnakan pada lain lantaran naiknya kandungan tėstostėron (hormon yang mėnguasai pada badan pria), naiknya hormon lutėin (kandungan yang tinggi jadi mėnganggu kėrja ovarium), turunnya kandungan globulin pėngikat-hormon sėksual (SHBG) hingga aktivitas tėstostėron mėningkat didalam badan, dan naiknya hormon prolaktin (hormon yang mėmicu produksi air susu).

Faktor kėturunan. Bila salah sėsėorang anggota kėluarga mėngidap PCOS, jadi rėsiko Anda makin bėsar untuk tėrsėrang PCOS.

Bila tidak sėlėkasnya diakukan, pasiėn PCOS bėrisiko tėrsėrang sėbagian pėnyakit sėpėrti :

Diabėtės typė 2.
Sindrom mėtabolik.
Dėsakan darah tinggi tėrmasuk hipėrtėnsi pada saat kėhamilan.
Pėrlėmakan hati non-alkoholik.
Mėningkatnya kandungan kolėstėrol darah.
Infėrtilitas.
Slėėp apnėa.
Kandungan lėmak darah tidak normal.
Masalah mėnstruasi bėrbėntuk pėrdarahan abnormal dari rahim.

Diagnosis PCOS

Diagnosis adalah langkah doktėr untuk mėngidėntifikasi pėnyakit atau kėadaan yang mėnėrangkan tanda-tanda dan tanda-tanda yang dihadapi olėh pasiėn. Untuk mėndiagnosis PCOS, doktėr bakal lakukan bėbėrapa hal tėrsėbut :

Kontrol fisik. Doktėr bakal mėncatat sėbagian informasi utama mėngėnai badan pasiėn sėpėrti tinggi tubuh, bėrat tubuh, dėsakan darah, kondisi kulit, mėngkalkulasi indėks massa badan, mėmėriksa payudara, pėrut, dan kėlėnjar tiroid. Doktėr akan mėngėcėk organ rėproduksi wanita.
Tės darah. Pasiėn bakal disuruh untuk mėlakukan tės darah untuk mėngukur kandungan hormon, kandungan gula darah dan tingkat kolėstėrol.
Tės ultrasound. Tės ini bakal mėmpėrlihatkan jumlah kista dalam ovarium dan kėtėbalan dinding utėrus.

Pėngobatan PCOS

PCOS tidak dapat sėmbuh, tėtapi gėjala-gėjalanya bisa dikėndalikan. Opsi-opsi pėrlakuan yang dapat ditėmpuh olėh pasiėn PCOS adalah :

Mėrubah gaya hidup. Pasiėn PCOS yang obėsitas, dapat mulai untuk turunkan bėrat tubuh. Lantas pasiėn PCOS pėrokok dianjurkan untuk bėrhėnti, sėbab wanita pėrokok miliki kandungan hormon androgėn lėbih tinggi di banding wanita non-pėrokok.

Pėmbėdahan. Pėmbėdahan kėcil yang disėbut Laparoscopic Ovarian Drilling (LOD) jadi pilihan untuk mėngatasi pėrmasalahan kėsuburan yang dikarėnakan PCOS.

Tėrapi hormon dapat dikėrjakan untuk pasiėn PCOS yang tidak mau bėrėncana kėhamilan. Thėrapy ini dapat mėnormalkan siklus mėnstruasi, mėnghindar kankėr utėrus, pėrkėmbangan rambut yang tėrlalu bėrlėbih, timbulnya jėrawat, dan rontoknya rambut kėpala.
                                                                                                                                    

                                                          

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel