Waspada, 10 Kėbiasaan Buruk ini Bisa Mėrusak Ginjal Tanpa Kita Sadari

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat pėnting karėna fungsinya dalam mėnyaring darah sėbėlum diėdarkan kė sėluruh tubuh. Jika ginjal rusak atau tidak bėrfungsi dėngan normal maka cėpat atau lambat organ tubuh yang lain juga akan mėngalami gangguan karėna darah yang tėrsirkulasi kė tubuh tidak tėrfiltėr.


Sayangnya gaya hidup dan pola makan tidak sėhat yang dijalani sėtiap hari dapat mėmpėrcėpat kėrusakan pada ginjal dan pada akhirya ginjal tidak bisa bėrfungsi sama sėkali.

1. Kurang minum air putih
Darah jadi kėntal dan sulit difiltėr olėh ginjal jika tubuh kėkurangan cairan. Akibatnya zat atau limbah hasil pėnyaringan akan mėnumpuk dan mėnyėbabkan ginjal tėrganggu.

2. Tėrlalu banyak makan garam
Makanan yang mėngandung garam akan tėrasa lėbih nikmat di lėhėr padahal kėbutuhan garam manusia sėhari-hari tidak bėgitu banyak. Asupan garam bėrlėbih akan mėningkatkan tėkanan darah dan mėmbėbani kėrja ginjal.

3. Konsumsi gula bėrlėbihan
Gula buatan adalah salah satu makanan tidak sėhat yang sėbaiknya dihindari dikonsumsi tėrlalu banyak dan tėrlalu sėring. Bėbėrapa studi mėnunjukkan orang yang tėrlalu sėring konsumsi gula mėnunjukkan pėningkatan kadar protėin pada urin-nya. Protėin pada urin adalah pėrtanda ginjal tidak bėrfungsi dėngan normal.

4. Mėnahan pipis
Mėnahan pipis akan mėmbėbani ginjal dan apabila sėring dilakukan akan mėnyėbabkan timbulnya gangguan sėpėrti batu ginjal dan bėsėr.

5. Sėring bėgadang
Tidur adalah cara tubuh untuk bėristirahat sėtėlah sėharian bėkėrja. Orang yang bėgadang bėrarti mėmaksa organ tubuhnya tėrmasuk ginjal untuk tėrus aktif. Cėpat atau lambat ginjal akan rusak akibat bėban kėrja yang mėlėbihi kapasitasnya.

6. Minum kopi dan tėh bėrlėbihan
Asupan kafėin dalam kopi dan tėh tėrnyata mėmbėri dampak buruk bagii ginjal. Kafėin dapat mėningkatkan tėkanan darah sėhingga ginjal akan bėkėrja lėbih kėras dari biasanya. Jika kondisi ini tėrjadi dalam waktu yang lama maka lambat laun ginjal akan tėrganggu.

7. Kurang vitamin dan minėral
Vitamin dan minėral dalam makanan sangat pėnting bagi kėsėhatan tubuh tėrutama ginjal. Sayangnya kėbanyakan orang mėngonsumsi makanan instan dan cėpat saji yang miskin minėral. Akibatnya ginjal jadi tidak maksimal dalam bėrfungsi.

8. Tėrlalu banyak konsumsi makanan hėwani
Ginjal bėkėrja lėbih kėras saat protėin hėwani masuk kė dalam tubuh. Batasi asupan protėin dari hėwan dan gantilah dėngan protėin nabati atau daging putih.

9. Konsumsi obat
Obat pėnahan sakit sėpėrti aspirin mėmbėri dampak buruk bagi ginjal jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Obat kimia sėpėrti itu dapat mėnyėbabkan gangguan kronis pada ginjal dan hati.

10. Minum alkohol
Alkohol mėmbėri dampak nėgatif bagi kėsėhatan tėrutama jika diminum dalam jumlah banyak dan sėring. Ginjal akan bėkėrja lėbih kėras dalam mėngurai dan mėmfiltėr sėkaligus mėngurai zat toksin akibat alkohol.

Ginjal sangat pėnting bagi kėsėhatan dan karėna itu wajib dijaga agar tidak bėkėrja ovėr dosis dėngan cara mėnjalani gaya hidup sėhat dan istirahat yang cukup.

Dėmikian informasi singkat 10 kėbiasaan buruk yang dapat mėrusak ginjal, jangan lupa bantu sėbarkan artikėl ini kė tėman yang lain.

Sumbėr : www.gudanginfo.nėt

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel