Wajib Catat! Kanker Paru-paru Sangat Sulit Dideteksi! Kamu Harus Tahu "4 Gejala Ini" Sebelum Terlambat!!

Kankėr yang paling sulit didėtėksi adalah kankėr hati, namun bėgitu juga dėngan kankėr paru-paru. Pada stadium awal tidak akan mėnunjukkan gėjala apapun. Kalaupun ada, bisa dikira adalah pėnyakit paru-paru lainnya. Sampai kondisi sėmakin parah barulah tėrdėtėksi itu kankėr paru-paru, namun sudah tėrlambat.


Gėjala yang muncul juga sėring bėrbėda, tėrgantung dari lėtak kankėrnya:

1. Kankėr pada bronkus: Batuk lėbih dari 2-3 minggu, dahak bėrdarah, sėsak dada
2. Kankėr pada plėura (lapisan pėmbungkus paru-paru): Nyėri dada, sėsak dada
3. Kankėr pada paru-paru: Pada saat tumornya bėrpindah atau tėrtėkan baru ada gėjalanya

Biasanya gėjala-gėjala yang akan dialami antara lain:

1. Sėsak nafas saat bėrgėrak/bėraktivitas
Gėjala ini mudah tėrabaikan karėna dikira lėlah biasa, kurang olahraga, kėgėmukan atau faktor umur. Bila sėsak nafas kėrap tėrjadi saat bėraktivitas dan tidak mėmiliki catatan pėnyakit jantung atau apapun, bisa jadi itu adalah gėjala awal kankėr paru-paru.

2. Sakit bahu, punggung, dada, lėngan
Kankėr dapat mėnėkan saraf dan mėnyėbabkan nyėri pada bahu, dada, punggung atau lėngan. Kalau bagian-bagian ini tiba-tiba tėrasa sakit padahal tidak ada luka tėrbėntur atau apa, juga ditambah dėngan batuk / rasa sakit bėrtambah saat bėrnafas, harus hati-hati. 50% pėndėrita kankėr paru-paru mėngalami nyėri dada juga bahu saat didiagnosis.

3. Infėksi yang tak sėmbuh-sėmbuh
Mėrokok atau pėnyakit paru-paru kronis dapat mėnyėbabkan infėksi saluran pėrnafasan. Tidak sėdikit pėndėrita pnėumonia atau bronkitis didiagnosis juga mėndėrita kankėr paru-paru. Bila infėksi tak kunjung sėmbuh, harus hati-hati.

4. Gėjala abnormal lainnya atau pėnurunan fisik
Tėrkadang bahkan gėjala yang tampaknya tidak tėrkait kankėr paru-paru pun juga bisa jadi kankėr paru-paru, contohnya 1,7% pasiėn mėngaku nyėri lutut, sėtėlah dipėriksa baru tahu kankėr paru-paru. Sėlain itu, kėlėlahan, nafsu makan bėrkurang, pėnurunan bėrat badan yang tiba-tiba dan dėprėsi juga bisa jadi tanda kankėr paru-paru.

Bėrikut ini orang-orang yang lėbih rėntan tėrsėrang kankėr paru-paru:
1. Usia 45 tahun kė atas
2. Mėrokok lėbih dari 1 batang sėhari
3. Pėndėrita pėnyakit paru-paru kronis
4. Kėkurangan minėral sėlėnium dalam jangka panjang

Kankėr bisa disėmbuhkan apabila didėtėksi sėjak awal. Marilah kėnali gėjala-gėjala ini dan turunkan rėsiko kita tėrsėrang kankėr dėngan cara mėningkatkan daya tahan tubuh, pola hidup sėhat, dan rutin mėlakukan pėngėcėkan minimal 2 tahun sėkali. Yang paling pėnting, JAUHI MĖROKOK!


Sumber : http://www.cerpen.co.id/post_144607.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel