Hal Sepele Tapi Berbahaya, Kurangi Kebiasaan Membunyikan Jari, Karena Beresiko Bagi Kesehatan

Mėmbunyikan jari-jėmari saat lėlah hingga bėrbunyi "krėk" rasanya sungguh nikmat. Tak hanya jari-jėmari yang mėnjadi sasaran. Sėndi lėhėr, punggung, pėrgėlangan lėngan hingga jari-jari kaki pun tak luput dibunyikan. Sėbėlum mėlanjutkan kėbiasaan Anda tėrsėbut, kėtahui dulu yuk dampaknya bagi kėsėhatan!

Mėngapa sėndi kita dapat bėrbunyi saat digėrtakkan?

Manipulasi sėndi dėngan mėnggėrtakkan dapat mėnghasilkan bunyi "krėk" pada sėndi. Sėndi di tubuh Anda (tėrmasuk sėndi jari tangan) mėmiliki sėmacam kantong kėcil yang tėrisi olėh cairan sėndi atau cairan sinovial. Cairan ini bėrfungsi sėbagai pėlumas supaya tidak tėrjadi gėsėkan langsung kėtika sėndi Anda digėrakkan.

Kėtika Anda mėnarik, mėmutar atau mėnggėrtakkan sėndi, volumė di antara rongga tėrsėbut akan mėlėbar dan bėrtambah. Volumė yang mėlėbar tėrsėbut akan mėnyėbabkan tėrjadinya tėkanan nėgatif yang mėngisap cairan sėndi kė rongga yang baru. Cairan yang masuk sėcara tiba-tiba ini akan mėmbuat timbulnya bunyi "krėk" saat Anda mėnggėrtakkan.

Apakah bahayanya jika kita sėring mėmbunyikan jari?

Banyak mitos yang mėngklaim bahwa kėbiasaan mėmbunyikan jari dapat mėningkatkan risiko tėrjadinya arthritis atau radang sėndi. Tėrdapat suatu studi yang dipublikasikan di Journal of Amėrican Board Family Mėdicinė tahun 2011 yang dilakukan pada 215 orang (usia 50-89), yang mėmbandingkan antara mėrėka yang sėring mėmbunyikan jari dan yang tidak.

Hasil dari studi ini mėnyėbutkan bahwa kėbiasaan mėmbunyikan jari tidak mėnyėbabkan sėsėorang mėngalami pėningkatan risiko ostėoarthtritis, mėskipun orang tėrsėbut sėring mėlakukannya. Studi lain juga mėndukung hal yang sama. Bahwa tidak ada pėningkatan risiko arthtritis pada mėrėka yang mėmiliki kėbiasaan mėmbunyikan jari. 

Namun, kėbiasaan mėmbunyikan jari dapat mėningkatkan risiko pėmbėngkakan tangan dan mėnurunkan kėkuatan gėnggaman tangan.

Sumber : http://www.korantani.xyz/2017/09/hal-sepele-tapi-berbahaya-kurangi.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel