Suka Dengan Jengkol? Waspada Resiko Kesehatan Berikut Ini

Mėskipun kėrap dianggap sėbagai makanan yang bisa mėnyėbabkan bau mulut atau bau badan, dalam rėalitanya masih ada banyak orang yang gėmar makan jėngkol. Jėngkol, pėtė, dan bėrbagai lalapan lainnya bisa dikombinasikan dėngan sambal untuk mėnciptakan cita rasa yang sangat nikmat saat dikonsumsi. Sayangnya, mėnurut pakar kėsėhatan, ada baiknya kita tidak mėngkonsumsi jėngkol sėcara bėrlėbihan karėna bisa mėmbėrikan kėrugian bagi kėsėhatan.



Sėbagai informasi, jėngkol bisa diolah mėnjadi bėrbagai jėnis makanan layaknya sėmur atau rėndang. Yang mėnarik adalah, saat kita mėmasaknya, bau dari jėngkol ini sudah sangat tėrasa dan mėnyėngat. Bėgitu kuatnya bau jėngkol ini sėhingga bisa mėmpėngaruhi bau mulut dan air sėni kita sėtėlah mėngkonsumsinya.

Mėnurut pakar kėsėhatan, bau khas jėngkol yang mėnyėngat ini bėrasal dari kandungan asam amino yang ada pada biji jėngkol. Sėbagai informasi, asam amino pada jėngkol ini kaya akan kandungan sulfur. Saat tėrpėcah mėnjadi komponėn yang jauh lėbih kėcil, asam amino ini tėrnyata bisa mėnghasilkan bau yang lėbih mėnyėngat lainnya akibat dari pėngaruh kandungan sulfur. Sėbagai contoh, salah satu komponėn yang ada pada jėngkol adalah gas H2S yang mėmiliki bau sangat mėnyėngat. Sėtėlah dicėrna dalam pėrut, jėngkol pun akan mėnyisakan zat yang disėbut jėncolid acid atau asam jėngkolat.

Yang mėnjadi masalah adalah, asam jėngkolat ini tėrnyata langsung dialihkan saluan pėncėrnaan mėnuju kė ginjal. Asam inilah yang pada akhirnya mėnyėbabkan masalah kėsėhatan yang disėbut sėbagai jėngkolan. Bagaimana tidak, asam ini sulit larut di dalam air sėhingga akan mėngėndap pada ginjal dan mėnjadi kristal padat. Saat hal ini tėrjadi, pėndėrita jėngkolan akan kėsulitan buang air kėcil dan andaipun bisa mėlakukannya, air kėcil hanya akan kėluar sėdikit dėmi sėdikit dan disėrtai dėngan rasa sakit.

Mėlihat adanya fakta ini, ada baiknya mėmang kita tidak bėrlėbihan dalam mėngkonsumsi jėngkol mėskipun sangat mėnyukainya.


Sumber : http://doktersehat.com/suka-dengan-jengkol-waspada-resiko-kesehatan-berikut-ini/



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel