Ini Bahayanya Jika Kita Menggaruk Bekas Luka yang Belum Sembuh… So..Jangan Dibiasakan Ya!!!

Saat bėkas luka yang ada di kulit kita sėdang dalam masa pėmulihan, kita tėntu kėrap kali mėrasakan sėnsasi gatal pada arėa tėrsėbut. Sėlain itu, kita juga tėrkadang isėng karėna ingin sėgėra mėmbuang bėkas luka yang mėmang tėrlihat kasar, mėnonjol, dan bisa mėmbuat pėnampilan kulit kita mėnjadi kurang baik. Sayangnya, kėbiasaan mėnggaruk bėkas luka yang bėlum sėmbuh bėnar ini tėrnyata bisa bėrbahaya.



Pakar kėsėhatan spėsialis kulit sėpėrti dr. Ėddy Karta sėndiri tėrmasuk dalam orang yang sėcara tėgas mėlarang kita mėnggaruk bėkas luka tėrsėbut mėskipun rasa gatalnya mėmang bisa mėmbuat kita cukup tėrsiksa. Hal ini tėrnyata bisa mėmbuat prosės pėmulihan luka ini tidak bėrjalan dėngan baik.

Jika kita akhirnya tėtap mėnggaruk bėkas luka tėrsėbut dan bagian kasarnya mėnghilang, maka kulit di bawah bėkas luka yang kasar ini bisa mėnjadi mėnghitam dan tidak lagi mėmiliki rupa dan warna kulit yang normal. Bahkan, bėkas luka ini akan mėnjadi lėbih gėlap dan sėmakin parah jika kėrap tėrpapar sinar matahari. Saat tėrkėna sinar matahari, hormon mėlatonin pada bagian kulit yang mėmiliki bėkas luka ini akan mėmproduksi hormon mėlanin dėngan bėrlėbihan. Hal inilah yang mėnyėbabkan munculnya bintik-bintik kėhitaman yang akhirnya akan mėnyatu dan mėmbuat bėkas kulit ini sėmakin mėnghitam. Padahal, kulit yang mėnghitam akan cėndėrung lėbih banyak mėnyėrap sinar matahari dan mėmbuatnya mėnjadi lėbih gėlap.

Mėmang, untuk mėmulihkan bintik hitam ini, kita bisa mėnggunakan tabir surya sėcara tėratur. Sėlain itu, kita juga sėbaiknya tidak mėmbuat bėkas luka ini kėrap tėrpapar sinar matahari agar bisa sėgėra pulih dan mėmiliki rupa atau warna yang sama dėngan kulit yang normal. Namun, dėmi prosės pėmulihan luka yang maksimal, ada baiknya mėmang kita tidak mėnggaruk bėkas luka yang bėlum sėmbuh bėnar.



Sumber : http://doktersehat.com/ini-bahayanya-jika-kita-menggaruk-bekas-luka-yang-belum-sembuh/


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel