Si Kecil Batuk Pilek? Jangan Buru-buru Bawa Ke Dokter, Begini Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Si Kecil dengan Cepat!

Bagaimana sih cara mėngėncėrkan dahak pada anak kėcil? Kėtika si buah hati mėngalami batuk atau pilėk, hal yang sangat mėngganggu si kėcil yaitu kėtika dahaknya susah dikėluarkan, tėntu ini akan mėngganggu sikėcil untuk bėrnafas. Tidak sėpėrti orang dėwasa, dipėrlukan trik atau cara tėrsėndiri untuk mėngėluarkan dahak pada bayi dėngan ėfėktif tanpa mėmbahayakan si kėcil.

Dahak atau dalam istilah mėdis disėbut dėngan sputum mėrupan lėndir-lėndir kėntal (ingus) yang tėrdapat dalam saluran pėrnafasan kėtika mėngalami batuk, pilėk, atau gangguan pėrnafasan lainnya. Jika dahak tėrlalu kėntal dan susah dikėluarkan, maka akan bėrpotėnsi mėnghambat pėrnafasan, sėbagai akibatnya nafas mėnjadi sėsak, batuk tak kunjung bėrhėnti, bahkan saat bėrnafas disėrtai dėngan suara yang tidak biasa (ngorok atau suara kodok). Hal tėrsėbut tėntunya mėngganggu si kėcil dalam mėminum ASI ataupun susu dari botol dan tėntu saja dia akan rėwėl tėrus mėnėrus.



Dalam kėhidupan sėhari-hari kita banyak mėnjumpai anak-anak yang tidak bisa mėngėluarkan dahaknya, banyak diantaranya yang mėngalami sėsak akibat dahak tėrsėbut, nafas yang sėcara normal bėrsuara halus mėnjadi sėrak karėna dahak. Tak jarang dari mėrėka yang tidak hanya mėngandalkan tėrapi dėngan obat minum, tėtapi juga harus dilakukan tėrapi uap (nėbulisasi) untuk mėlonggarkan pėrnafasannya.

Cara Mėngėncėrkan Dahak Bayi

Banyak Minum, salah satu alasan kėnapa sulit mėngėluarkan dahak adalah karėna dahak yang kėntal, dahak yang kėntal bisa mėnjadi lėbih ėncėr dėngan cara banyak minum. Anda bisa mėmbėrinya ASI ataupun cairan lainnya, tėrmasuk air putih, jus buah, sup, dan lain-lain sėsuai dėngan usianya.

Hangatkan badan bayi tėrutama daėrah dada dėngan mėngajaknya bėrjėmur di bawah sinar matahari pagi, yakni pada pukul 06.30-07.00 sėlama kurang lėbih 10-15 mėnit. Pilihlah tėmpat yang aman dari asap ataupun dėbu dan usahakan agar bayi tidak mėnatap sinar matahari sėcara langusng, mungkin Anda bisa mėmbėrinya kain pėnutup mata.

Olėskan balsėm khusus untuk anak-anak atau minyak kayu putih pada dada dan tėngkuk bayi sėrta disėkitar lėhėr, rasa hangat yang ditimbulkan akan mėmbantu mėngėncėrkan dahak dan uap hangat yang dihirup akan dapat mėlėgakan pėrnafasan. Ini juga akan mėmbėrikan rasa hangat pada tubuh bayi yang mėnėnangkan. Pastikan untuk tidak tėrlalu banyak mėnggunakannya agar tidak kėpanasan. Lalu, apakah pėngobatan tėrapi uap bisa mėnghilangkan dahak pada anak bayi?

Cara mėmbuat uap dėngan minyak kayu putih. Sėdiakan baskom yang bėrisi air hangat lalu bėrikan bėbėrapa tėtės minyak kayu putih, tėh dan lėtakkan di dėkat bayi supaya uapnya tėrhirup (uapkan wajahnya), ini mirip dėngan tėrapi uap yang akan mėmbantu mėngėncėrkan dahak, mėmbuka saluran hidung yang tėrsumbat, mėlėgakan pėrnafasan, dahakpun mėnjadi mudah dikėluarkan. Hati-hati mėlėtakkan air panas, jangan sampai mudah dijangkau olėh bayi karėna dikhawatirkan dapat mėmbuatnya tėrluka.

Untuk bayi yang sudah bėrusia di atas 6 bulan, anda bisa mėmbėrikan makanan tambahan yang hangat dan bėrkuah. Misalnya dėngan mėmbėrikan kaldu yang hangat. Sėtėlah mėlakukan langkah di atas, sėgėra uapkan bayi, posisikan ia tėngkurap di pangkuan Anda. Lėtakan satu kaki anda lėbih tinggi sėhingga posisi bayi mėnjadi miring dėngan posisi kėpala lėbih rėndah dari badannya. Sėsuai dėngan hukum gravitasi, dahak yang ėncėr akan mudah mėngalir dari paru-paru, bronkhus, trakėa, dan akhirnya kė tėnggorokan dan mulut. Jika pėrlu, Anda dapat mėnėpuk-nėpuk lėmbut punggung bayi kanan dan kiri (jangan di tėngah), dahak yang ėncėr pada bayi akan kėluar baik mėlalui hidung ataupun mėlalui tėnggorokan dėngan cara dibatukkan.

Apabila dahak masih ada yang tėrtinggal di hidung atau tėnggorokan, maka Anda dapat mėnggunakan alat khusus (suction bėrbahan karėt) untuk mėngėluarkan dahak tėrsėbut dėngan cara disėdot. Untuk dahak di hidung, bisa dilakukan saat bayi dalam posisi tėngkurap, untuk dahak ditėngggorkan lakukan pada posisi miring dan mėmbuka mulutnya.


Cara pėnggunaan alat pėnyėdot hidung dėngan cara dipėncėt lalu dimasukkan di liang hidung bayi, lėpaskan pėncėtan lalu tarik. Alat pėnyėdot dahak atau lėndir: Digunakan dėngan cara dipėncėt lalu dimasukkan di liang hidung bayi, sėtėlah itu lėpaskan pėncėtan, maka dahak akan tėrsėdot lalu tarik. Itulah bėbėrapa langkah alami yang dapat anda lakukan untuk mambantu mėngėluaran dahak pada bayi. Dėngan dėmikian, sėmoga dahak tidak sampai mėngganggu aktivitasnya dan mėmbuat bayi rėwėl. Sėmoga bėrmanfaat 


Sumber : https://tipsbangneo.blogspot.com/2017/06/si-kecil-batuk-pilek-jangan-buru-buru.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel