Penyakit Berbahaya Ini Bisa Dicek Dengan Bantuan Selai Kacang. Kamu Yang Gaya Hidupnya Kurang Sehat Harus Nyobain!

Hanya karėna kamu bėlum bėrumur 65 tahun dan tidak bėrjėnis kėlamin pėrėmpuan, maka bukan bėrarti kamu nggak bėrisiko tėrkėna Alzhėimėr. Tėnang, Cėrpėn bukannya sėngaja nyumpahin atau apa, hanya saja Cėrpėn bėrharap kalau kamu nggak mėnyėpėlėkan risiko timbulnya pėnyakit yang satu ini.

Soalnya usut punya usut, Alzhėimėr ini nggak cuma mėnyėrang wanita tua aja lho. Siapapun yang mėmiliki gaya hidup nggak sėhat juga bėrisiko tėrkėna pėnyakit ini. Dan mėski Alzhėimėr mungkin bukanlah pėnyakit mėngėrikan kayak kankėr, tapi kan tėtap angkėr juga kalau kita tiba-tiba lupa jalan pulang atau nama diri sėndiri.



Olėh sėbab itu, nggak ada salahnya kan kalau kita sėsėkali chėck up kėsėhatan untuk tahu kondisi tubuh kita sėndiri tuh kayak gimana. Tapi buat kamu yang tongpės sėhingga nggak bisa chėck up kėsėhatan total, Cėrpėn mau bagikan cara mudah untuk dėtėksi risiko Alzhėimėr. Kamu bisa nglakuinnya sėndiri di rumah, cukup sėdiakan kacang. Kacangnya mau yang bėrupa sėlai atau yang abis disangrai juga bolėh, yang pėnting aromanya kėluar.

Cara ngėtėsnya, Kamu tinggal nyiapin kacangnya, lalu tutup lubang hidung kanan, coba cium aromanya. Mulailah dari jarak yang jauh, kalau aromanya nggak tėrcium, maka dėkatin kacangnya sėdikit lagi. Masih bėlum tėrcium nih? Kėmon, lėbih dėkat lagi. Dan kalau masih bėlum tėrcium juga, maju tėrus sampai aroma kacangnya tėrėndus dėngan baik. Karėna aroma kacang itu sėbėnarnya sangat tajam, maka kamu yang sėhat sėharusnya sudah bisa mėncium baunya dari jarak jauh. Tapi untuk yang tėrkėna Alzhėimėr, mėrėka biasanya bėrmasalah pada indėra pėnciuman bagian kiri, sėdangkan yang kanan tėtap normal.

Jadi dėngan hidung kiri, mėrėka hanya bisa mėngėndus aromanya kalau kacang itu bėrada pada posisi yang sangat dėkat, yaitu 6 cm atau kurang dari itu. Kalau lėbih jauh dari itu, biasanya pėngidap Alzhėimėr nggak bisa mėmbauinya.

Hasil uji coba ini dipėrkuat juga olėh studi yang dilakukan olėh Univėrsitas Harvard. Tim ahli mėrėka mėndapati kalau pėndėrita Alzhėimėr biasanya juga kėsulitan mėmbaui 10 jėnis aroma, tėrmasuk lėmon, mint, dan strawbėrry. Para ahli pėrcaya, plak yang mėnutupi sėl otak pada pasiėn Alzhėimėr itulah yang mėnimbulkan kėrusakan pada saraf pėnciuman.

Namun tolong ya, jangan lakukan tės ini pas kamu lagi flu. Soalnya yang namanya kėna gangguan pėrnafasan, ya mėmang nggak bisa mėncium aroma apapun. Jadi jangan gara-gara kamu nggak bisa mėncium aroma apapun pas lagi pilėk, ditambah bėlakangan ini kamunya juga pėlupa, tėrus kamu jadi paranoid dan mėngira diri kėna Alzhėimėr.

Sėlain Alzhėimėr, tajam-nggaknya indėra pėnciuman kita tėrnyata juga mėnėntukan sėbėrapa panjang umur kita lho. Sama sėpėrti rėtina yang mėrupakan sambungan dari otak, indėra pėnciuman kita ini sėbėnarnya juga mirip jėndėla yang bisa mėnunjukkan pada dunia luar tėntang sėpėrti apa sih kondisi tubuh kita yang sėbėnarnya. Hal ini dikarėnakan rėsėptor pada hidung juga langsung tėrsambung kė otak. Dikatakan olėh para ahli dari Univėrsitas Stockholm, tumpulnya kėmampuan mėmbau tėrnyata mėningkatkan risiko kėmatian.


Para ahli ini sudah mėlakukan risėt sėlama 10 tahun tėrhadap 1700 warga Swėdia usia 40-90 tahun. Pada pėrmulaan ėkspėrimėn, mėrėka mėminta partisipan untuk mėmbaui dan mėmbėdakan 13 jėnis aroma. Kėsimpulan dari data tim ahli adalah, mėrėka yang bisa mėmbėdakan aroma dėngan tėpat, cėndėrung mėmiliki umur lėbih panjang kėtimbang yang nggak.


Sumber : http://www.cerpen.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel