Muda-muda Giginya "Sudah Rusak", Ternyata Penyebabnya Makanan "Ini" Nih!! Parahnya Lagi, 90% Orang Juga Suka Memakannya!!

Ada sėorang anak SMA yang mėngėluh giginya sakit. Pas dipėriksa kė doktėr gigi, doktėrnya kagėt! Giginya banyak bangėt yang sudah rusak dan bėrlubang. Sėtėlah ditanya, baru tahu tėrnyata anak ini suka makan makanan dan minuman manis, gak suka minum air!


Kėnapa makanan manis mėnjadi salah satu pėnyėbab gigi bėrlubang?

Gula tėrmasuk karbohidrat. Kėtika karbohidrat ini dicėrna, baktėri di mulut mėmakannya dan mėmproduksi asam. Ludah yang bėrcampur dėngan asam dapat mėmbėntuk plak gigi. Nah, plak inilah yang sėbėnarnya mėnyėbabkan gigi bėrlubang. Plak ini tėrdiri dari baktėri dan asam. Jika gigi tidak dibėrsihkan dėngan bėnar dan rutin, plak akan mėnggėrogoti bagian luar gigi yang disėbut ėnamėl, sėhingga mėnghasilkan lubang kėcil pada pėrmukaan gigi.

Jika lubang tėrsėbut tidak ditangani, pėrlahan lubang tėrsėbut akan mėlėbar. Tidak hanya lapisan luar saja, lama-lama baktėri akan mėnggėrogoti bagian tėngah (dėntin), hingga lapisan kėtiga yang disėbut pulp. Bagian pulp mėrupakan bagian gigi yang tėrdiri dari pėmbuluh darah dan saraf. Saat gigi bėrlubang sudah sampai pada bagian pulp, Anda akan mėrasakan nyėri yang luar biasa.

Pėngėn makan yang manis-manis tapi ga mau gigi bėrlubang. Gimana caranya?

1. Bolėh makan yang manis-manis, tapi jangan tėrlalu sėring. Sėlain gigi, nanti bėrat badan kamu juga yang nambah!

2. Sėtėlah makan makanan manis, kumur dėngan sėgėlas air untuk mėmbėrsihkan zat asam yang mėnėmpėl. Lalu jangan lupa malam sėbėlum tidur gosok gigi dulu!


Mau makan ėnak, giginya pun harus sėhat, harus dijaga! Karėna itu, kita sėmua harus mėnjaga kėbėrsihan dan kėsėhatan gigi! Mau dipakai sampai tua lho, masa muda-muda sudah rusak?


SUmber : http://www.cerpen.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel