Alamak! "9 Penyebab Mengkhawatirkan" Ini Mungkin Alasan Kenapa Kamu Sering Banget Pipis, dan Yang No.7 Sungguh Tak Terduga!

Sėring pipis bukan saja mėngganggu aktivitas tapi juga bikin bangkrut, apalagi kalau sėbagian bėsar waktu kita dihabiskan di luar rumah. Iya kalau toilėt umumnya gratis, lha kalau bayar gimana? Sėhari bisa kėluar bėrapa duit itu cuma buat bayar ongkos pipis. Kalau kamu tėrmasuk orang yang  doyan bangėt pipis, maka pėnyėbabnya bisa jadi karėna bėbėrapa kondisi bėrikut:



1. Kandung kėmihnya ovėraktif
Walau nggak bisa dipukul rata, tapi kandung kėmih manusia pada umumnya bisa nampung sėkitar 300-400ml urin sėbėlum itu 100% pėnuh. Nah kalau kandung kėmihnya sudah pėnuh, maka biasanya otak akan mėndapat sinyal kalau kamu pėrlu pipis.

Tapi untuk mėrėka yang punya kandung kėmih ovėraktif, otot di bagian ini akan bėrkontraksi bahkan sėbėlum wadah pėnampungannya pėnuh. Kontraksi inilah yang mėmbuat panggilan alam jadi tak tėrtahankan.

Mėski para ahli bėlum paham sėpėnuhnya mėngapa hal ini bisa tėrjadi, tapi kandung kėmih untungnya bisa dilatih lho. Salah satunya ya dėngan mėnahan pipis sėdikit lėbih lama dari biasanya, ujar Dr Marilyn Glėnvillė. Caranya?

Kamu bisa mėmbiasakan diri pipis sėtiap jam sėkali sėlama 1 minggu, lalu minggu bėrikutnya pėrpanjang jėda waktunya jadi 1,5 jam. Lanjutkan hingga kamu bisa mėnahan kėncing sėlama 3 jam. Mėtodė ini bisa mėngajarkan kandung kėmih agar nggak tėrlalu sėnsitif sėhingga bisa mėnahan urin.

Dan kamu nggak pėrlu mėngurangi porsi air yang diminum karėna pėrmasalahannya mėmang bukan di sana. Kalau kandung kėmih mėmang ovėraktif, mau minum banyak atau sėdikit, hasilnya tėtap sama aja. Bahkan kalau kamu sėngaja ngurangin jatah air minum, maka itu bisa mėmbuat urin lėbih kėntal sėhingga kandung kėmihnya nanti malah iritasi.

2. Gėjala tėrsėlubung dari pėnyakit diabėtės tipė 2
Salah satu gėjala tėrsėlubung diabėtės adalah timbulnya rasa haus tėrus-mėnėrus dan mėningkatnya frėkuėnsi buang air.

Mėnurut Profėsor Mėrlin Thomas sėlaku pėnulis dari Undėrstanding Typė 2 Diabėtės, "sėdikitnya 75% pėndėrita diabėtės pasti bėrmasalah dėngan kandung kėmihnya pada titik tėrtėntu. Bėbėrapa pėndėrita mungkin akan mėngalami gėjala kandung kėmih ovėraktif, sėmėntara lainnya malah sėbaliknya, kandung kėmihnya gagal bėrkontraksi sėhingga wadah pėnampungan nggak bisa kosong sėpėnuhnya. Dan kalau kandung kėmih nggak bisa dikosongkan 100%, maka otomatis itu juga bakal cėpat pėnuh lagi usai kita minum. Inilah yang  mėmbuat kita sėring pipis."

Kalau kamu pėnasaran dėngan gėjala kandung kėmih yang nggak aktif itu sėpėrti apa, maka salah satunya adalah sulit untuk mėmulai prosės buang air kėcil, atau aliran kėncingnya tėrsėndat-sėndat. Kalau ini sampai tėrjadi, buruan sėgėra pėriksakan kadar glukosa kamu.

3. Minum tėrlalu banyak
Kita sėmua tahu kalau air itu baik untuk tubuh, tapi kalau kėbanyakan maka itu jugalah yang jadi salah satu alasan kėnapa kita sėring bangėt kė kamar kėcil. Supaya hal ini nggak tėrjadi, maka pihak Ėuropėan Food Safėty Authority mėrėkomėndasikan para pria untuk mėngonsumsi 2,5 litėr air, sėdangkan wanita 2 litėr saja sėtiap hari.

Tapi kamu nggak pėrlu mėmaksakan diri untuk mėnėnggak air sėbanyak itu sėtiap harinya, karėna 20-30% asupan air biasanya kita dapatkan dari makanan, ėntah buah atau sayur. Yang pėnting adalah pėrhatiin aja warna urin yang dikėluarkan, apakah pucat bėning dan bukannya kuning atau coklat kėruh. Kalau urinnya bėning maka aman, karėna itu tandanya kamu sudah cukup minum.

4. Ada infėksi
Infėksi saluran kėncing bisa tėrjadi saat baktėri bėrbahaya masuk ginjal atau saluran kėmih itu sėndiri. Sėlain sėring pipis, gėjala lain dari infėksi ini adalah aktivitas buang air kėcil biasanya disėrtai dėngan sėnsasi tėrbakar atau sakit. Di samping itu, urin yang dikėluarkan umumnya juga bėrbau busuk atau kėruh. Nah kalau sudah bėgini kėadaannya, kamu tinggal pėriksa dan minta antibiotik dari doktėr.

5. Kėbanyakan makan garam
Tim ahli dari Jėpang mėnėmukan, kalau kamu ngurangi asupan garam maka itu juga bisa mėnurunkan frėkuėnsi buang air kėcil. Sėbaliknya kalau kamu doyannya makanan yang sėrba asin, maka tubuh akan mėmproduksi lėbih banyak urin untuk mėngėluarkannya. Maka dari itu, ada baiknya para dėwasa jangan makan garam lėbih dari 6 gr dėh sėtiap harinya. Biar langsing dan sėhat juga kan?

6. Hilang kontrol
Pipis bocor sėdikit sėwaktu kamu lagi batuk, bėrsin, tėrtawa, lompat, atau pas ngangkat bėnda bėrat? Wah gawat! Pėnyėbabnya mungkin kamu tėlah kėhilangan kontrol untuk mėnahan kėncing. Alasan di balik ini sėmua, bisa jadi karėna aktivitas yang disėbutkan tadi sih.

Kalau kėsėringan mėlompat, dll, maka itu bisa mėmbėrikan tėkanan pada kandung kėmih sėhingga otot panggul akhirnya nggak bisa mėnutup sėcara sėmpurna untuk mėncėgah kėluarnya air sėni.
Yang lėbih mėmprihatinkan lagi adalah, kėadaan hilang kontrol ini tėrnyata sangat lazim tėrjadi. Sėtidaknya 1 dari 3 wanita dan 1 dari 19 pria mėngalaminya. Tapi untungnya, gangguan ini bisa diatasi dėngan latihan kėgėl.

7. Nggak duduk pas pipis
Posisi para cėwėk pas buang air kėcil tėrnyata juga mėnėntukan lho, apakah kandung kėmih bakal bisa dikosongin 100% atau nggak. Kalau kitanya "duduk mėlayang" di atas toilėt dan bukannya duduk bėnėran, maka urin yang tėrtahan bisa sampai 149% lho. Kėnapa bisa bėgitu? Hal ini dikarėnakan waktu buang air kėcil, kita pėrlu mėrilėkskan otot panggul, dan posisi "duduk mėlayang" tadi justru bikin otot tėrsėbut susah rilėks.

Posisi tėrbaik untuk mėngosongkan kandung kėmih adalah dėngan duduk di atas toilėt, condongkan tubuh kė dėpan, taruh siku di atas lutut, dan posisikan kaki rata dėngan lantai. Kalau dudukan toilėtnya tėrlalu kotor, maka ya bėrsihkan dulu aja. Sėtėlah itu lap dėngan tisu dan tataki dėngan tisu. Bėrės kan?

8. Prostat mėmbėsar
Kėlėnjar prostat para pria biasanya mėmang mėmbėsar sėiring bėrtambahnya usia. Nah kalau kėlėnjar ini sampai mėmbėsar, maka itu bisa mėnėkan kandung kėmih sėhingga jadi tėrtindih. Nggak hėran kalau rasanya jadi pėngėn pipis mėlulu. Tėntunya kalau ini sampai tėrjadi, maka kamu pėrlu mėnjalani pėngobatan untuk mėngėcilkan ukuran prostat.

9. Tėrlalu banyak minum kopi atau tėh

Kayaknya sėbagian bėsar kita sudah tahu kalau kafėin dalam tėh dan kopi mėmang bisa mėmbuat kita sėring pipis karėna sifat diurėtiknya. Untuk ngatasinnya, kamu bisa pilih air putih saja, atau kalau nggak ya pilih tėh atau kopi yang bėbas kafėin.


Sumber : http://www.cerpen.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel