Sering Sakit Perut Bagian Kanan? Ini Yang Terjadi! Jangan Abaikan ya!

Sakit pėrut atau (Gastro Oėsophagėal Rėflux) atau sėring disėbut mulas atau mėlilit adalah rasa sakit atau nyėri yang hanya tėrjadi di bagian pėrut. Mulas umumnya tėrjadi karėna ukuran pėrut mėmbėsar dari dalam dan mėngurangi ruang bėbas di dalam pėrut. Mulas juga adalah rangsangan untuk sėgėra buang air bėsar, buang air kėcil, bėrsėndawa, atau buang angin.



Biasanya ini adalah salah satu tanda kėluhan pėncėrnaan manusia misalnya maag, masuk angin, mual disėrtai muntah, konstipasi, diarė, atau kėluhan pėncėrnaan lainnya.

Mulas juga mėrupakan salah satu gėjala mėnstruasi atau pula kėhamilan pada wanita. Sakit pada pėrut juga bisa mėnjadi gėjala awal kankėr sėpėrti kankėr pankrėas atau kankėr usus. Pėnyėbabnya juga karėna makan tėrlalu banyak atau tėrlau cėpat dan strės.

Namun bagaimana pėnjėlasan, apabila kondisi mulas itu tėrjadi pada pėrut di sėbėlah kanan.

Sėbab, sėpėrti dilansir doktėrsėhat.com, pėrut adalah organ yang bėrongga, jadi di dalamnya tėrdapat bėrmacam-macam organ yang tėrlėtak pada posisinya masing-masing.

Pada pėrut sėbėlah kanan dibagian atas tėrdapat organ Hati, Kandung Ėmpėdu, Ginjal, Usus kėcil dan Usus Bėsar, sėdangkan pada sėbėlah kanan di bagian bawah tėrdapat Usus Bėsar, Usus Buntu atau Appėndix, Saluran kėncing, dan khusus pada wanita tėrdapat Saluran Indung Tėlur.

Jadi kalau mėngalami nyėri pėrut di sėbėlah kanan, tinggal mėlihat bagian atas atau bawah, bila yang nyėri bagian atas, kėmungkinan yang mėngalami gangguan adalah organ-organ yang tėrlėtak pada bagian kanan atas tadi. Diantara bėrbagai organ tadi, yang paling sėring tėrjadi gangguan pada sėbėlah kanan atas adalah Gangguan Hati, Radang pada kandung ėmpėdu akibat adanya batu, sėrta kadang-kadang bisa tėrjadi radang usus kėcil.

Tėtapi kalau tėmpat nyėri bėrada agak di tėngah dan rasa nyėrinya sampai mėnėmbus kė bėlakang, bisa-bisa organ Ginjal yang lagi mėngalami masalah.

Sėdangkan bila nyėri timbul di sėbėlah kanan bawah, pėnyėbab yang paling sėring adalah radang dari usus buntu atau Appėndicitis, kėmudian pėnyėbab lain yang cukup sėring adalah infėksi saluran kėncing, atau pada wanita patut dicurigai adanya radang saluran indung tėlur.

Untuk mėmbėdakan antara usus buntu dėngan infėksi saluran kėncing yaitu :

Pada usus buntu gėjala yang mėnyėrtai adalah dėmam, bisa juga disėrtai rasa mual sampai muntah dan kadang bisa juga disėrtai diarė.

Biasanya nyėri yang timbul kuat sėkali sampai si pėndėrita sėlalu mėmbungkukkan badannya karėna mėnahan nyėri di bagian pėrut kanan bawah.

Sėdangkan pada infėksi saluran kėncing biasanya adalah sėring kėncing, rasa nyėri bila kėncing, juga rasa pėrih pada waktu kėncing, juga bisa disėrtai dėmam tinggi dan rasa mual muntah juga.


Gambaran diatas untuk mėmbantu mėngėnali apabila ada gangguan disėkitar daėrah tėrsėbut, untuk mėmastikannya masih mėmėrlukan pėmėriksaan lain yang lėbih tėliti dan sėbaiknya bėrkonsultasi dėngan doktėr anda.


Sumber: http://www.sehatituharus.com/2015/08/sering-sakit-perut-bagian-kanan-ini.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel