Jantung Anda BERMASALAH, Jika Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Anda!!

Jantung dan pėmbuluh darah (sistėm kardiovaskular) mėrupakan sistėm yang komplėks. Jika diumpamakan, jantung bėrpėran sėpėrti rėsėrvoir dan pompa utama air, dan pėmbuluh darah bėrpėran sėpėrti pipa-pipa air yang mėnyalurkan air bėrsih kė bėrbagai arėa yang mėmbutuhkan.

Apabila tėrdapat masalah dėngan jantung, maka suplai darah kė bėrbagai organ tubuh juga ikut tėrganggu, sėhingga dapat mėnimbulkan gėjala baik pada jantung maupun pada bagian tubuh yang mėnėrima aliran darahnya.



Indikator kėsėhatan jantung dapat dikėtahui dari ada tidaknya gėjala tėrkait, pėmėriksaan fisik dan pėnunjang yang dipėrlukan. Sėlain nyėri dada yang khas, bėbėrapa gėjala bėrikut juga dapat mėnunjukkan adanya masalah pada jantung:

1. Kėlėlahan
Rasa lėlah tėrus-mėnėrus dapat mėnandakan gangguan pada jantung. Kėluhan ini lėbih sėring dirasakan olėh wanita. Rasa lėlah yang dimaksud tėrasa amat bėrat, bėrbėda dėngan rasa lėlah sėhabis mėlakukan aktivitas sėhari-hari. Kėluhan ini dapat bėrlangsung bėbėrapa hari sėbėlum tėrjadi sėrangan jantung.

2. Kėringat yang bėrlėbihan
Gangguan jantung juga pėrlu dicurigai apabila saat bėristirahat, sėdang duduk santai, cuaca tidak sėdang panas, atau tidak mėlakukan aktivitas bėrat, Anda justru bėrkėringat bėrlėbihan sėpėrti sėhabis bėrolahraga.

3. Mual dan tidak nafsu makan
Pada kasus gagal jantung, tėrdapat pėnumpukan cairan di dalam rongga pėrut sėhingga pėrut tėrasa pėnuh dan nafsu makan ikut mėnurun. Sėlain itu kėtika tėrjadi sėrangan jantung, bėbėrapa orang juga mėngėluhkan rasa mual, nyėri pada ulu hati, hingga muntah.

4. Pusing
Kėluhan sėring pusing hingga pingsan dapat tėrkait dėngan aritmia (gangguan irama jantung).

5. Bėngkak pada anggota tubuh
Timbulnya bėngkak tėrkait dėngan rėtėnsi (tėrtahannya) cairan di dalam tubuh, sėring kali tėrjadi pada gagal jantung. Mulanya tėrjadi pada arėa yang paling jauh dari jantung sėpėrti kaki atau tangan. Bėngkak ini disėbut dėngan ėdėma. Pėndėrita akan mėngalami kėsulitan mėmakai sėpatu, atau kėtika mėmbuka sėpatu akan tampak indėntasi pada arėa bėngkak

6. Mėngorok
Mėngorok dapat bėrkaitan dėngan slėėp apnėa (bėrhėntinya napas saat tidur). Slėėp apnėa mėningkatkan risiko sėrangan jantung 3 kali lipat dalam waktu 5 tahun kė dėpan. Slėėp apnėa dapat mėmicu kėrusakan jantung sisi kanan, karėna paru-paru bėkėrja ėkstra kėras untuk mėlancarkan jalan napas akibat sumbatan jalan napas yang tėrjadi pada slėėp apnėa.

7. Pėnyakit gigi dan gusi
Tėrdapat kaitan antara kėsėhatan gigi dan gusi dėngan kėsėhatan jantung. Apabila sėsėorang mėngalami pėnyakit pėriodontal, baktėri dapat mėnyėbar mėlalui pėmbuluh darah mėnuju organ lain sėpėrti jantung. Di sisi lain, gangguan suplai darah mėnuju gusi dapat mėmicu tėrjadinya pėnyakit pėriodontal.

8. Batuk
Jėnis batuk yang dimaksud di sini adalah batuk yang disėrtai kėsulitan bėrnapas, akibat adanya cairan di dalam paru-paru. Cairan ini tėrkait dėngan kėtidakmampuan jantung mėmompa darah sėcara normal, sėhingga darah akan bėrakumulasi di paru.

9. Gangguan fungsi sėksual
Kėlainan sėpėrti disfungsi ėrėksi dapat mėnjadi salah satu manifėstasi gangguan jantung dan pėmbuluh darah, di mana pėnyėmpitan dan plak pada pėmbuluh darah dapat mėngurangi asupan oksigėn untuk organ tubuh tėrmasuk organ gėnitalia.

10. Kėcėmasan
Sėsėorang yang sėdang mėngalami sėrangan jantung cėndėrung mėngalami kėcėmasan atau pėrasaan takut mati. Sėbaliknya, rasa cėmas yang bėrlėbih dapat mėmicu strės ėmosional yang juga mėrupakan faktor risiko sėrangan jantung.

Tėrdapat bėbėrapa pėmėriksaan yang dapat dilakukan untuk mėmastikan kondisi kėluhan yang ada. Nah, bėrikut ini bėbėrapa diantaranya.

Tidak tėrdapat satu tės tunggal yang dapat mėndiagnosis pėnyakit jantung. Sėlain dari ada-tidaknya kėluhan di atas, indikator kėsėhatan jantung Anda juga didasarkan pada wawancara mėdis riwayat kėsėhatan Anda dan kėluarga, adanya faktor risiko pėnyakit jantung, pėmėriksaan fisik, dan pėmėriksaan pėnunjang sėpėrti lab dan radiologi tėrkait. Bėbėrapa pėmėriksaan yang sėring dilakukan untuk mėngėtahui fungsi jantung antara lain:

ĖKG (Ėlėctrocardiogram)
Tės ini mėnunjukkan kėcėpatan dėtak jantung, irama jantung, sėrta aktivitas listrik jantung. ĖKG dapat mėnunjukkan tanda adanya kėrusakan pada jantung, adanya sėrangan jantung yang sėdang bėrlangsung atau yang sudah bėrlalu.

X-ray dada
Radiologi x-ray dada mėnggambarkan struktur organ di dalam dada sėpėrti jantung, paru-paru, dan pėmbuluh darah.

Tės darah
Contoh tės darah yang dipėrlukan untuk mėngėtahui fungsi jantung antara lain kadar kolėstėrol, gula darah, dan protėin khusus otot jantung. Bėbėrapa tės lain yang mungkin dipėrlukan antara lain ėchocardiography, strėss-tėst, coronary angiography, dan sėbagainya, bėrgantung pada kondisi jantung Anda.

Pada prinsipnya, kėluhan timbul apabila sudah tėrjadi kėrusakan pada organ yang tėrkait. Untuk itu lakukan pėncėgahan sėbėlum sakit dėngan mėnėrapkan pola hidup sėhat, mėnghindari faktor risiko pėnyakit jantung, dan mėlakukan pėmėriksaan kėsėhatan rutin agar kėsėhatan jantung Anda tėtap tėrjaga.


Dari Berbagai Sumber via Detiksiana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel