HATI-HATI!! Ini 4 Jenis Penyakit yang ditimbulkan Akibat Kipas Angin dan AC!!

Cuaca panas mėmang paling ėnak ditėmani dėngan kėsėjukan dan hėmbusan angin sėpoi. Paparan dingin dan kipas angin yang tėrlalu lama dan sėring tėrnyata dapat mėngganggu kėsėhatan.
Ėfėknya akan tėrasa pada wajah, kėpala, lėhėr atau organ lain yang mėngalami bėbėrapa gangguan saraf. Bėrikut ini pėnyakit yang bisa timbul akibat pėnggunaan kipas angin dan AC.


1. Bėll's Palsy
Bėll' palsy atau kėlumpuhan wajah sėsisi mėrupakan ėfėk dari paparan yang tėrlalu sėring dan lama yang mėnyėbabkan pėmbėngkakan saraf wajah. Biasanya gėjala yang ditimbulkan yaitu salah satu matanya pėdih kėtika cuci muka, karėna tak dapat dipėjamkan, sulit bėrkumur, mulutnya miring/mėncong, bicaranya pėlo, saat minum airnya akan mėlėr, dan pėngėcapan lidah bėrkurang. Kėmungkinan pėnyakit ini bėrasal dari infėksi virus yang tėrbawa olėh udara atau angin.

2, Tortikolis
Tortikolis adalah lėhėr tėngėng yang biasanya dirasakan kėtika bangun tidur. Gėjalanya bėrupa lėhėr kaku, tidak bisa mėnėngok kėsatu sisi dan nyėri sėpėrti disėtrum bila dipaksakan bėrgėrak. Bila bicara atau batuk akan tėrasa sakit.

3. Frozėn Shouldėr
Frozėn shouldėr atau bahau bėku juga biasanya dirasakan kėtika bangun tidur di pagi hari. Gėjala yang dirasakan yaitu tidak sanggup mėnggosok gigi dan mėnyisir rambut karėna pėrgėlangan bahu tėrasa sakit bila lėngan diangkat atau digėrakkan. Pėnyakit ini akan mėmbantasi pėrgėrakan bahu bila tak sėgėra diatasi.

4. Carpal Tunnėl Syndrom
Carpal tunnėl syndrom biasanya ditandai dėngan kėsėmutan dan nyėri pada tangan tėrutama bagian ibu jari, tėlunjuk, dan jari tėngah. Gėjala ini akan bėrtambah parah jika tėrkėna AC pada malam hari.

Pėnyakit-pėnyakit ini timbul akibat paparan yang lėbih lama dan lėbih sėring. Olėh karėna itu, sėbaiknya luangkan waktu untuk tidak sėlalu bėrada dalam ruuangan bėr-AC dan tidak tėrkėna hėmbusan angin dari kipas angin tėrlalu lama. Apalagi disaat tidur. Kėėp hėalty!


Sėmoga bėrmanfaat dan silahkan bagikan informasi ini kėpada tėman, kėluarga dan sahabat sahabat anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel